Minggu, 06 April 2008

gak kotor gak belajar!

gue lagi seneng2nya baca yang lucu sama liat yang lucu2(ok2, emang beda..).
gue mpe ngulang baca buku2nya raditya dika, trus novel2nya aditya mulya(yang terakhir gue baca, gege mengejar cinta, gue baca buat yang keempat kalinya).
baca tulisan2 mereka bikin gue ketawa2 sendiri, bikin perasaan gue lebih ringan, hilang gundah gulana(halah..).

terakhir, gue baca novelnya ninit yunita. novel lama, cuman baru sempet gw baca. iyah, emang gue selalu ketinggalan. tapi biar lambat asal selamat(loh?)
anyway, novelnya bagus kq, moral of story-nya dapet. and full of hopes too.

kadang gue juga berharap bisa nulis ngalir kaya mereka.
perlu dibiasain emang, makanya gue sekarang juga sering nyoba2 nulis. gak bisa ya karena gak biasa.
nulis apa aja, nulis cerpen kek, kata2 mutiara nek, puisi om(loh..), tagihan hutang(profesi sampingan gue, rentenir..haha.. gak lah, gila aja.. yang ada juga gue ngutang mulu..), dll.

gak tau napa gue seneng sama tulis menulis ini, padahal punya bakat juga gak. (dan ini udah kita lakuin semenjak TK, gak bosen yah?)

mmm ..
awalnya sih emang gue seneng bgt baca, dari komik, cerpen, novel fiksi, mpe yang bahasanya berat2 & penuh metafora kaya kahlil gibran pun gue baca(dan biasanya diakhiri dengan mual2 berikut pendarahan di telinga..)
gue masih inget dulu gimana rasanya pas bokap gue pertama kali bawa gue ke toko buku ..
WOW, rasanya seneng bgt liat buku dimana2, walau sebenernya saat itu yang gue beli & baca cuman komik dan buku2 buat belajar baca ..
hobi baca gue pun berlanjut. mpe sekarang ..
dan gue masih inget, benda pertama yang gue kasih ke lawan jenis (iyah, pacar.. bukan ibu2 penjaga kantin,kecuali kalo gue pernah pacaran ma ibu2 jaga kantin) sebagai hadiah, selain coklat, yaitu sebuah buku(lupa judulnya apa, yang jelas bukan buku tulis), pas SMP. duh, jadi nostalgia. heu ..

tapi kayanya makin gede hobi gue itu agak pudar, pas akhir2 SD mulai kegeser sama maen game konsol.
masih inget,konsol pertama yang gue punya, nintendo biasanya kalo udah maen ini, anak2 sebelah rumah pada ikutan maen, jadi rame deh rumah gue. trus berlanjut ke komputer(gamenya masih sederhana dulu, fav gue saat itu pre-historic,masi inget), sega, mpe PS--yang semuanya sekarang udah jadi bangke di rumah gue. trus maen kelereng, manjat pohon, maen sepeda (bekas jahitan di jidat gue gara2 jatoh pas sepedaan masi ada loh. masi inget, saat itu gue mpe triak2 histeris sambil nangis pas tau jidat gue bolong 1/2-1 senti..).

tapi hobi baca tetep ga ilang kq, minimal setiap minggu gue baca 1 bacaan ato novel ringan...
nah, dari baca itu, gue mulai kepikiran, "kq bisa2nya mereka bikin kaya gini sih. keren banget..suatu saat gue juga pengen bikin kaya gini.. "
semenjak itu gue jadi suka nyoba2 buat nulis apa aja ..(termasuk tagihan hutang tadi, haha..)

sebenernya banyak sih motifnya,ada garis2, bunga2..(loh?!)
banyak yang jadi alesan gue buat nulis, bahkan beberapa baru gue sadarin pas gue udah mulai sering nulis..
mulai dari nyalurin bakat, buat yang punya.. buat yang gak punya kaya gue,bisa buat ajang curhat..
dan yang pasti nulis tu pasti ada yang dihasilin, minimal apa yang ditulis ini sendiri. ok,gak usah jauh2 mikir ke materi(ada yang baca aja udah untung), tapi rasanya seneng aja ada yang bisa kita buat. ada yang bisa diliat. yah, buat pembuktian diri juga sebenernya. pengen diakuin.

satu hal, gue juga jadi tau nulis tu bisa buat lebih ngenalin diri sendiri.. pas baca lagi tulisan ato curhatan gue,"ooh..ternyata gue tu kaya gini ya..". yah,nulis bisa jadi sarana buat pendewasaan diri juga ternyata. jadi bisa tau kurang2 kita yang ternyata banyak banget.

yup, jangan pernah takut buat ngelakuin ato mulai sesuatu yang belum kita bisa. karena gak kotor berarti gak belajar(gak nyambung?sambungin aja..).
selama itu baik, selama itu bisa berguna--setidaknya buat kita sendiri, kenapa gak? palagi kalo yang kita bikin bisa berguna buat orang, bisa buat orang lain seneng juga, wow, pasti berkali lipat senengnya buat kita.

jangan pernah takut buat nyoba!

jangan pernah takut buat berharap ato bermimpi. suatu saat mimpi itu bakal ngasi kita sesuatu, meski kadang tak terduga dan berbeda sama apa yang kita inginkan semula.. ^ ^

Tidak ada komentar: