Rabu, 02 April 2008

kopi dan bunuh diri?

kopi dan gw.. gw dan kopi.. mm.. gw.. kopi.. gw.. yah,whatever lah..

akhir2 ini gw ngga bisa lepas banget dari yang namanya kopi.. udah dari dulu sih,dari jaman SMP,tapi ngga mpe separah sekarang..
tiap harinya benda pertama yang masuk ke lambung gw adalah cairan hitam manis ini..
minuman ini yang selalu menemani gw saat lagi standby depan komputer pas di kosan(termasuk saat gw nulis ini)..
malem gw ngga lengkap tanpa nenggak 1-2 gelas kopi..
yah,batas wajar emg 3-4 cangkir sih..
gw juga biasanya selalu batesin di bawah 5 cangkir sehari..

tapi akhir2 ini gw rata2 minum 5-6 mug (bukan cangkir) sehari..
kalo tiap cangkir ngandung 150 miligram kafein,berarti gw sehari nimbun 150x6=900 miligram kafein sehari!
berhubung ukuran mug gw cukup gede,berarti yang gw konsumsi lebih dari itu..
nah,yang jadi masalah gw dah mulai ngelanggar batesan yang gw buat..
duh,kadang gw bingung sendiri gimana nahannya..
terkadang gw malah lebih milih buat nyempetin minum kopi daripada makan siang..
gw sampe parno sendiri gara2 kecanduan gw ma kopi ini..

sampai akhirnya gw baca bahwa minum kopi itu bisa:

-mengurangi resiko kanker usus besar sampai 25% (dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi),
-mengurangi resiko batu empedu sampai 45%,
-mengurangi resiko sirosis hati sampai 80%,
-mengurangi resiko penyakit Parkinson 50-80%,
-mengurangi frekuensi serangan asma sampai 25%, dan
-menurut pengamatan banyak perawat selama beberapa tahun, mengurangi tingkat bunuh diri.(beneran, bukan karangan gw..)

banyak baeknya sebenernya ya..
palagi yang terakhir, kayanya berguna banget buat gw tuh..heu2..

jadi sebenernya yang jadi masalah adalah efek kecanduan itu sendiri..
walopun bermanfaat,segala yang berlebihan itu emang ngga baik..
terkadang pula,sisi positif itu malah selalu dijadiin argumen buat kita..
kadang argumen itu dipake buat mengaruhin logika kita sendiri buat ngebenerin apa yang kita lakuin..
sama aja kaya orang yang ngerokok(alhamdulillah gw ngga,ngeri soalnya masukin racun2 sebanyak itu ke paru2 gw)..
mereka tau jeleknya ngerokok,tapi ngga mau (ngga bisa sebenernya) lepas..karena ya itu,mereka sangat sulit buat pisah sama sesuatu yang menurut mereka enak dan menyenangkan, dan mereka pasti selalu punya argumen buat itu..

oh ya, sedikit nyambung2in..
terkadang, cara kita nilai "seseorang" ngga jauh dari kita nilai "sesuatu",misalnya rokok ato kopi ini..
saat kita sudah merasa nyaman, seneng,ato kagum ma seseorang, kita ngga akan peduli dengan kesalahan2 yang dia lakukan,selama itu tidak merugikan kita secara langsung.. ato bahkan saat kita dirugikan ato disakiti juga kita selalu membenarkan apa yang orang kita kagumi tersebut lakukan.. yang kita lihat hanya apa yang dia lakuin ke kita, bagaimana cara dia memperlakukan kita, pokonya yang baik2nya aja.. kita hanya melihat apa yang emang pengen kita lihat.. perasaan kita tertutup(ato tepatnya kita tutup) buat ngeliat hal2 lainnya.. yah, perasaan itu seringkali buta..
ok, intermezzo aja kq..

yah,intinya mah kita harus tau apa yang kita lakuin,baik buruknya..
jangan cuman karena enak, karena kita seneng sama hal tersebut, terus ngga meduliin efek2nya, terutama negatifnya..
gimana pun juga, batasan dan tanggung jawab itu perlu..(makin ngga nyambung yah..)

nah,balik lagi ke kopi..
bukan lambung gw sebenernya yang terancam,tapi pola hidup gw..
iyalah,gimana bisa tidur nyenyak kalo sebelum tidur nenggak 2 gelas kopi pekat..
jadinya besoknya gw ngga bisa beraktivitas dengan baik gara2 ngantuk..

nah, gw juga sekarang mu batesin..
daripada gw kena diabetes juga gara2 kebanyakan mengkonsumsi gula..
mm..2 cangkir sehari lah ya, pagi dan sore aja..

y udah, mu cabut nih..
mm..sebelum cabut,ngopi dulu ah..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"oh ya, sedikit nyambung2in..
terkadang, cara kita nilai "seseorang" ngga jauh dari kita nilai "sesuatu",misalnya rokok ato kopi ini..
saat kita sudah merasa nyaman, seneng,ato kagum ma seseorang, kita ngga akan peduli dengan kesalahan2 yang dia lakukan,selama itu tidak merugikan kita secara langsung.. ato bahkan saat kita dirugikan ato disakiti juga kita selalu membenarkan apa yang orang kita kagumi tersebut lakukan.. yang kita lihat hanya apa yang dia lakuin ke kita, bagaimana cara dia memperlakukan kita, pokonya yang baik2nya aja.. kita hanya melihat apa yang emang pengen kita lihat.. perasaan kita tertutup(ato tepatnya kita tutup) buat ngeliat hal2 lainnya.. yah, perasaan itu seringkali buta.."


huahuahua..setuju..... hiks